Jumat, 21 Maret 2014

Ide Sederhana Yang Merubah Dunia Tangki Air.


Design NOKURAS merupakan invensi (paten) baru yang sangat sederhana, namun invensi tersebut telah membawa perubahan yang sangat signifikan pada dunia tangki air, khususnya yang berlantai bulat atau kerucut. Sebelumnya, (mengingat harganya yang mahal) tangki kerucut hanya digunakan oleh kalangan terbatas, kebanyakan untuk aplikasi industri.

(Kiri) adalah tangki kerucut konvensional yang banyak digunakan di sektor industri. Terbuat dari mild steel ataupun stainless dengan ketebalan 1,5-3mm. (Kanan) adalah tangki kerucut konvensional yang banyak digunakan di sektor residensial. Terbuat dari Stainless dengan ketebalan (0,3-0,5mm). Karena terbuat dari bahan yang sangat tipis, lantai tangki tidak dapat dipijak.



Pada design konvensional, tangki air kerucut memiliki lubang kuras pada ujung kerucut di dasar tangki. Keadaan demikian mengharus tangki dilengkapi kaki penyangga agar lubang kuras yang terletak di lantai tangki dapat diakses. Berikut adalah permasalahan yang ada pada tangki air kerucut konvensional yang menggunakan kaki besi penyangga:

 
  1. Tangki menjadi tinggi.
Terdapat berbagai aksesoris tangki yang terdapat di bagian atas tangki, seperti : manhole (untuk inspeksi kebersihan dan level air), pipa inlet, keran plampung, level switch (radar), dll. Tangki yang tinggi menyulitkan akses terhadap aksesoris tersebut, karenanya dibutuhkan kursi atau tangga bantuan sebagai pijakan. (Akan cukup merepotkan, bila hanya untuk melihat isi tangki tetapi harus bawa kursi atau tangga)
 
  1. Tangki tidak stabil.
Ketinggian dan bobot air yang berat merupakan dua faktor yang menyebabkan tangki air kerucut konvensional menjadi tidak stabil. Karenanya kaki penyangga besi harus dirancang dengan besi yang cukup tebal, dan sangat tidak dianjurkan untuk diletakan pada menara.
 
  1. Lantai tangki harus kokoh.
Terdapat beberapa pekerjaan yang harus dilakukan dari dalam tangki, contohnya: overall cleaning, perbaikan fitting, dsb. Idealnya, lantai tangki air harus dapat diinjak, karenanya harus terbuat dari logam yang cukup tebal (tidak sebagaimana tangki stainless rasidensial yang dengan ketebalan hanya 0,3mm-0,5mm). 
 
  1. Menyulitkan pemasangan
Tangki kerucut konvensional cukup berat, karenanya dibutuhkan personel terlatih dan alat kerja khusus (katrol khusus) untuk mengangkat ke tempat dimana tangki diletakan.
 
  1. Harganya mahal.
Karena harus terbuat dari logam yang cukup tebal, harus disanggah dengan kaki yang kokoh, dan dibutuhkan alat kerja khusus dalam pemasangan. Tangki air kerucut konvensional (yang baik) menjadi sangat mahal dan hanya digunakan oleh sektor industri dan kalangan terbatas.


 
 
(1) Pondasi semen, (2) pipa siphon, (3) terowongan, (4) outlet air bersih, (5) outlet air kuras.
 Tangki kerucut NOKURAS terbuat dari plastik dan menggunakan menggunakan semen sebagai penyangga/pondasi. Keunikan design terowongan pada dasar tangki membuat NOKURAS tidak tinggi dan tidak membutuhkan banyak adukan semen untuk penyangga.
 
Berkat invensi dari NOKURAS. Tangki kerucut dapat diproduksi dengan biaya yang lebih murah dan lebih kokoh.
Berikut adalah pembaharuan dari NOKURAS terhadap tangki air kerucut:

  1. Harga tangki kerucut menjadi terjangkau bagi semua kalangan
Tangki NOKURAS merupakan tangki air kerucut yang terbuat dari bahan plastik, karenanya biaya produksi tangki tersebut menjadi sangat rendah bila dibandingkan dengan yang terbuat dari logam. Selain itu, keunggulan lain tangki plastik  adalah tidak berkarat dan lebih ringan (mempermudah handling) sehingga mempermudah proses pemasangan.



(Kiri) tangki kerucut industrial, (Tengah) tangki kerucut residensial, (Kanan) tangki kerucut NOKURAS. Berkat terobosan dari invensi baru NOKURAS, harga tangki kerucut menjadi sangat terjangkau untuk semua kalangan
  1. Tangki air tidak tinggi.
Berkat rancangan terowongan pada dasar tangki, lubang kuras pada NOKURAS menghadap ke samping (tidak sebagaimana tangki kerucut lainnya yang menghadap ke bawah). Karenanya tangki NOKURAS tidak memerlukan kaki penyangga besi, tetapi cukup diperkokoh dengan adukan semen. Design demikian menjadikan NOKURAS lebih pendek, sehingga lebih aman dan mempermudah inspeksi dan pembersihan tangki.

Berkat invensi NOKURAS, penggunaan penyangga semen menjadi memungkinkan untuk digunakan pada tangki air kerucut. Karenanya tangki air menjadi lebih pendek, dan dapat diindpeksi dengan lebih mudah (tanpa perlu berdiri di kursi atau tangga)
  1. Lantai tangki sangat kokoh
Berkat penggunaan adukan semen untuk memperkokoh dasar tangki, lantai tangki menjadi sangat kokoh (walaupun terbuat dari plastik) - sehingga sangat aman untuk dipijak. Dengan demikian, perawatan dan cuci tangki dapat dilakukan dari dalam tangki.
(Kiri) Lantai tangki NOKURAS bisa dipijak. Ini mempermudah pekerjaan cuci tangki dan perbaikan fiting (bulkhead).
(Kanan) Pada tangki kerucut konvensional residensial, cuci dan maintenance tangki lebih sulit dilakukan bila lantai tangki tidak dapat dipijak. Selain sulit, bahkan juga sangat membahayakan (terutama tangki yang diletakan pada menara). 
 
  1. Dilengkapi pipa siphon
NOKURAS dilengkapi dengan pipa siphon pada lubang kuras. Lubang pipa siphon tersebut menghadap ke ujung kerucut dari lantai tangki (tempat berkumpulnya kotoran/endapan), dengan demikian kotoran air dapat dengan sangat efektif dibersihkan ketika keran kuras dibuka.

Adanya pipa siphon dengan lubang yang menghadap ke lantai tangki, pembersihan endapan menjadi sangat mudah dan efektif dengan hanya membuka keran kuras beberapa detik. Karenanya, tidak perlu membuang banyak air untuk membersihkan endapan.
  1. Alas semen dapat dihias.
Penggunaan semen sebagai alas tangki, membuat bagian tersebut dapat dihias untuk memperindah tampilan tangki air. Dengan ini NOKURAS, tidak lagi hanya masalah fungsi tangki air, tetapi juga memiliki fungsi decoratif.
Alas semen dapat diperindah dengan batu hias maupun keramik.
 
Keunggulan tangki kerucut (dari tangki lantai datar yang banyak digunakan masyarakat) adalah lebih mudah dibersihkan, karenanya tangki air relatif lebih bersih (akibatnya air lebih bersih). Idealnya tangki kerucut banyak digunakan pada sektor residensial, agar kehidupan masyarakat menjadi lebih sehat (karena air lebih bersih).

Jika sebelumnya tangki kerucut hanya untuk kalangan terbatas. Kini berkat "ide sederhana" dari NOKURAS, harga tangki kerucut dapat terjangkau sebagaimana harga tangki datar plastik yang banyak digunakan selama ini.

Hendry/Rica
HP/What'sup : +628161860963

JELYSCO NOKURAS

Jl Peta Barat, Ruko Pegadungan

Blok A No.3 Kalideres

Jakarta Barat 11830
Indonesia
Ph +62-21-54391181
Fax. +62-21-5415859
email: jelysco@gmail.com 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar