Jumat, 14 Maret 2014

Kotoran pada Tangki Air dan Cara Pembersihannya


Terdapat dua jenis kotoran yang banyak dijumpai pada tangki air, yaitu kotoran air dan lumut yang menempel pada dinding tangki air. Kedua jenis kotoran tersebut memiliki karakter dan cara pembersihan yang berbeda pula menurut masing-masing jenis tangki air:

1. Kotoran air (Endapan)
 
Kotoran jenis ini memiliki berat jenis yang hampir sama dengan air, karenanya dapat melayang bila air teraduk, dan dapat tenggelam mengendap pada lantai tangki air pada saat ait tenang. Kotoran air dalam jumlah besar pada tangki air dapat cukup mengganggu. Setiap adanya pergerakan air (karena pengisian maupun penggunaan air) akan menyebabkan kotoran air melayang dan terbawa ke dalam rumah. Contohnya adalah kotoran yang banyak kita jumpai pada bak mandi. Selain mengganggu, kotoran air juga dapat menjadi media berkembang-biaknya cacing air ataupun mikro-organisme lainnya. Hal ini kadang dapat kita jumpai dengan adanya cacing air di dalam bak mandi.

Pada tangki air berlantai kerucut, kotoran jenis ini sangat mudah dibersihkan. Kotoran ini akan berkumpul pada ujung kerucut tangki dan dapat dibuang hanya dengan cara minor cleaning (buka keran kuras selama 5 detik). Tindakan tersebut dapat dilakukan secara berkala, dan endapan tidak akan menumpuk hingga mengganggu.

Sedangkan pada tangki air berlantai datar, debu akan tersebar pada lantai tangki, dan hanya dapat dibersihkan dengan cara major cleaning (pembersihan dengan pengurasan hingga kering) yang cukup banyak menghabiskan air, tenaga, dan waktu.
(Kiri) Endapan kotoran air menyebar pada dasar tangki air rata.
(Kanan) Endapan kotoran akan berkumpul pada satu area di lantai tangki air kerucut,
dengan demikian kotoran mudah dikeluarkan dari tangki.

  

2. Lumut.

Lumut banyak dijumpai menempel pada tangki air ke dalam rumah. Lumut umumnya tidak terbawa air, sehingga intensitas pembersihannya pun tidak perlu terlalu sering dilakukan. Pembersihan lumut hanya dapat dilakukan dengan cara major cleaning. Setelah tangki dikeringkan, lumut dapat dibersihkan dengan dua cara. Pada tangki air plastik yang lantainya dapat diinjak, pembersihan dapat dilakukan dengan pengelapan dari dalam tangki sehingga lebih mudah dan cepat. Sedangkan pada tangki stainless yang lantainya tidak bisa diinjak, pembersihannya harus dengan menggunakan kain pel bertangkai dan dilakukan dari luar tangki (tanpa berpijak pada tangki). Cara ini cukup merepotkan dan sulit dilakukan terutama pada tangki air yang ditempatkan pada menara air.

 
(Kiri) Pada tangki NOKURAS, lantai tangki dapat diinjak sehingga mempermudah major cleaning. Pembersihan dengan cara demikian lebih mudah dan hanya membutuhkan waktu 5 menit. Selain itu hasilnya pun lebih bersih.
(Kanan) Major Cleaning pada tangki kerucut konvensional (yang lantainya tidak bisa diinjak) lebih sulit juga cenderung membahayakan untuk dilakukan.
 

Tabel menunjukanperbandingan aktivitas pembersihan tangki air selama 24 bulan.
Tangki air kerucut secara signifikan menghemat waktu pengurasan bila dibandingkan dengan tangki air datar.

Info dapat hubungi:

Hendry / Rica
HP/What'sup : +628161860963
Jelysco Nokuras
Jl Peta Barat, Ruko Pegadungan
Blok A No.3 Kalideres
Jakarta Barat 11830
Indonesia
Ph +62-21-54391181
Fax. +62-21-5415859
email: jelysco@gmail.com 
 

1 komentar: